PTK

Pengembangan Strategi Pengajaran Konsep Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
Oleh: Dra. Hj. Entang Kartika, M.Pd dan Dra. Tuti Istianti, M.Pd
iitf-18-150x150Penelitian berjudul ”Pengembangan Strategi Pengajaran Konsep dalam Pembelajaran IPS di SD”, yang dilaksanakan pada kelas 5 SD Negeri Cibiru X Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, dimaksudkan untuk memperoleh pengalaman empirik dalam mengembangkan dan menerapkan srategi pembelajaran IPS di SD melalui pengajaran konsep.

Penelitian dilakukan secara kolaborasi antara peneliti sebagai tenaga edukatif akademik di ingkungan PGSD dengan guru kelas sehingga sebagai praktisi tenaga kependidikan dasar di lapangan dapat meningkatkan proses hasil pembelajaran IPS di SD.sasaran lanjut pelaksanaan kolaborasi studi ini diharapkan dapat membantu mengatasi kesulitan dan hambatan yang dihadapi guru dalam melaksanakan tugasnya.

Dari proses pelaksanaan, diproleh hasil bahwa : guru kelas 5 SD Negeri Cibiru X telah megetahui model pengajaran konsep sebagai pengetahuaan teoritik, tetapi tidak pernah menerapkan karena memandang lebih sukar disbanding pola mengajar yang telah biasa dilakukannya. Guru kelas 5 SD Cibiru x bersikap terbuka dan menunujukan keinginan yang besar untuk mengembangkan kemampuan dalam mengalola pembelajaran IPS sehingga proses kolaborasi ini berhasil dilaksanakan da mencapai sasaran.

Prosedur Pengembangkan program penelitian tindakan kelas ini dirancang pada setiap siklusnya terdiri dari lima tahap, yakni “ orentasi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun hasil konkritnya dapat dilihat dari siklus pelaksanaan, mulai dari tindakan I hingga 4. Pada tindakan pertama dan kedua, pembelajaran kurang efektif, seperti kurangnya kemampuan guru dalam penguasaan bahan pelajaran, penguasaan strategi pembelajaran konsep termasuk didalamnya kemampuan mengorganisasikan bahan pelajaran IPS. Pada tindakan ke tiga dan keempat terdapat perubahan drastis dan peningkatan setelah tim peneliti guru kelas mengadakan peninjauan kembali terhadap rencana pembelajaran berikut kegiatan pembelajarannya.

Dalam implimentasi pembelajaran guru sebagai praktisi melaksanakan kegiatan, yaitu dengan cara menggunakan strategi pengajaran konsep untuk membantu kelancaran pada setiap tindakan pembelajaran, peneliti melakukan pengamatan secara langsung terhadap proses pada pembelajaran. Dari setiap pengamatan selanjutnya dilakukan refleksi dan analisa setiap tindakan untuk kemudian melakukan perbaikan-perbaikan

Pelaksanan penelitian tindakan kelas ini, telah menghasilkan perubahan-perubahan positif dan peningkatan yang mencakup perubahan sikap belajar dan hasil pembelajaran IPS. Adapun perubahan-perubahan yang terjadi itu meliputi : (1) Guru kelas dapat meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan strategi pengajaran konsep IPS, (2) Strategi pembelajaran konsep dapat meningkatkan aktivitas, kreativitas, dan motivasi siswa dalam pembelajaran IPS. (3) Minat belajar IPS tinggi, (4) Hasil belajar IPs Mmeningkat .

Hasil penelitian tindakan ini, direkomendasikan kepada pihak terkait untuk mengembangkan model pengajaran konsep sebagai salah satu jalan keluar dari persoalan rendahnya mutu dan hasil pembelajaran IPS, khususnya di sekolah dasar. (http://kd-cibiru.upi.edu/gc/adminpgribjn)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: