Fakta dan Misteri Menarik Seputar Film dan Novel Laskar Pelangi

pgrinews>mr-doddiNovel dan Film Laskar Pelangi memang akan selalu menarik untuk dibahas. Berbagai nilai dan fakta dibalik kisah fantastis novel, yang kemudiian diangkat ke layar lebar oleh sutradara Riri Riza, karya Andrea Hirata ini mempunyai daya tarik magis yang cukup membuat orang penasaran. Salah satu misteri yang telah membuat banyak orang penasaran adalah perihal tokoh bernama Lintang dalam Novel maupun Film Laskar Pelangi. Pada beberapa kesempatan Andrea Hirata maupun teman-temannya selalu mengelak untuk memberi tahu siapa sebenarnya tokoh Lintang dalam Laskar Pelangi.

Bahkan Bu Mus, guru SD Muhammadiyah tempat Lintang dkk bersekolah, yang saat ini mengajar di SD Negeri 6 Gantong dan sedang menunggu pensiun berkata “Saya tidak ingat, siapa Lintang?” ketika beliau ditanya siapa Lintang. Jika dipikir-pikir lagi mungkinkah seorang guru melupakan muridnya yang paling jenius seperti Lintang. Demikian juga halnya dua teman Ikal (panggilan Andrea Hirata dalam Laskar Pelangi) Syahdan dan Kucai mengaku tidak mengenal Lintang dan menjawab bahwa Andis (nama panggilan sebenarnya Andrea Hirata sewaktu kecil) adalah orang paling pintar di kelas.

Hmm, lalu siapakah Lintang itu sebenarnya? Mungkinkah dia hanyalah tokoh rekaan Andrea Hirata? Atau mungkinkah Lintang itu adalah Andrea Hirata sendiri? Mengenai kemungkinan ini, seorang teman saya berkata mungkin saja Lintang adalah Andrea Hirata sendiri. Ya siapa tahu, hanya Andrea Hirata sendiri lah yang paling tahu tentang hal ini. Dan biarkanlah waktu yang akan menjawab semuanya.

Sisi lain yang cukup menarik dari Laskar Pelangi (walaupun saya belum membaca novelnya), kisah ini disajikan dalam bentuk cerita fiksi walaupun sebenarnya isi dari ceritanya adalah kisah kehidupan sang penulis (saya menyimpulkan ini setelah melihat filmnya dan mendengar cerita dari teman saya tentang isi novelnya). Hampir semua tokoh dalam cerita ini masih hidup dan ada ketika cerita ini diangkat ke dalam novel maupun film. Bahkan Mahar yang saat ini menjadi guru kesenian di SMA Negeri 2 Tanjung Pindan sempat mengantarkan anaknya untuk mengikuti casting namun tidak lulus.

Fakta dan misteri inilah yang mungkin telah mengangkat popularitas Laskar Pelangi, di samping nilai-nilai yang terkandung dalam kisah ini. Hal-hal menarik lainnya bisa dibaca di sini.

~ by pgribojonegoro on November 17, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: